Pernyataan Yang Termasuk Ketentuan Syariat Dalam Mengafani Jenazah Ialah

Cara Mengafani Jenazah dalam Islam Taman Pemakaman Muslim Al Azhar
Cara Mengafani Jenazah dalam Islam Taman Pemakaman Muslim Al Azhar from www.tamanpemakamanmuslimalazhar.com

Mengenal Ketentuan Syariat dalam Mengafani Jenazah

Dalam agama Islam, mengafani jenazah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebelum jenazah dikuburkan. Proses mengafani jenazah ini memiliki beberapa ketentuan syariat yang harus diperhatikan agar pengafan jenazah dilakukan dengan benar.

1. Memandikan Jenazah

Sebelum jenazah diafani, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memandikan jenazah. Memandikan jenazah ini dilakukan dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara atau daun lainnya yang memiliki khasiat antiseptik. Tujuannya adalah untuk membersihkan jenazah dari kotoran dan bau yang mungkin terdapat pada tubuh jenazah.

2. Menyelimuti Jenazah dengan Kain Kafan

Setelah jenazah selesai dimandikan, langkah selanjutnya adalah menyelimuti jenazah dengan kain kafan. Kain kafan yang digunakan haruslah bersih dan cukup tebal agar dapat menutupi seluruh tubuh jenazah.

3. Menambahkan Wangi-Wangian pada Kain Kafan

Setelah jenazah diselimuti dengan kain kafan, langkah selanjutnya adalah menambahkan wangi-wangian pada kain kafan yang digunakan. Wangi-wangian yang digunakan bisa berupa minyak wangi atau bunga-bungaan yang memiliki aroma yang harum.

4. Memasukkan Jenazah ke dalam Peti Jenazah

Setelah jenazah selesai diafani, langkah selanjutnya adalah memasukkan jenazah ke dalam peti jenazah. Peti jenazah yang digunakan haruslah bersih dan cukup kuat untuk menampung berat jenazah.

5. Menutup Peti Jenazah

Setelah jenazah dimasukkan ke dalam peti jenazah, langkah selanjutnya adalah menutup peti jenazah. Penggunaan tutup peti jenazah ini bertujuan untuk melindungi jenazah dari kontaminasi dan kerusakan.

6. Mengangkat Peti Jenazah

Setelah peti jenazah ditutup, langkah selanjutnya adalah mengangkat peti jenazah. Peti jenazah ini kemudian akan dibawa ke tempat pemakaman untuk dimakamkan.

7. Membaca Doa-doa untuk Jenazah

Sebelum jenazah dimakamkan, para keluarga dan kerabat yang hadir harus membaca doa-doa untuk jenazah. Doa-doa ini bertujuan untuk memohon ampunan dan keridhaan Allah SWT atas jenazah yang akan dimakamkan.

8. Menguburkan Jenazah

Setelah doa-doa selesai dibaca, langkah terakhir adalah menguburkan jenazah. Proses penguburan ini harus dilakukan dengan hati yang tenang dan penuh kesabaran.

Kesimpulan

Mengafani jenazah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan dalam agama Islam. Proses pengafanan jenazah ini memiliki beberapa ketentuan syariat yang harus diperhatikan agar pengafan jenazah dilakukan dengan benar. Dengan mengikuti ketentuan syariat dalam mengafani jenazah, maka kita dapat memastikan bahwa jenazah diperlakukan dengan baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Check Also

Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut

Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut

13 Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya (Lengkap) from 3zebras.com Introduction Jika Anda sering membaca cerita …