Berikut Yang Bukan Ciri-Ciri Teks Cerita Rakyat Adalah

Teks Cerita Rakyat Definisi, Fungsi, Ciri, Jenis, Unsur, Contoh
Teks Cerita Rakyat Definisi, Fungsi, Ciri, Jenis, Unsur, Contoh from cerdika.com

Pengertian Teks Cerita Rakyat

Teks cerita rakyat adalah salah satu jenis teks yang sering dijumpai dalam sastra Indonesia. Teks cerita rakyat menceritakan kisah atau legenda yang berkembang di dalam masyarakat. Cerita rakyat biasanya berisi nilai-nilai moral dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Teks cerita rakyat juga sering digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah.

Berikut yang Bukan Ciri-Ciri Teks Cerita Rakyat

Banyak orang yang masih salah mengartikan ciri-ciri teks cerita rakyat. Berikut adalah beberapa hal yang bukan merupakan ciri-ciri teks cerita rakyat:

1. Tidak Menceritakan Kisah dari Masyarakat

Teks cerita rakyat selalu berkaitan dengan masyarakat. Oleh karena itu, teks cerita rakyat selalu menceritakan kisah yang berkembang di dalam masyarakat, bukan kisah yang berasal dari luar masyarakat.

2. Tidak Mengandung Nilai Moral dan Budaya

Teks cerita rakyat selalu mengandung nilai moral dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, teks cerita rakyat selalu dijadikan sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan budaya kepada generasi muda.

3. Tidak Memiliki Unsur Mitologi

Unsur mitologi adalah unsur yang selalu ada dalam teks cerita rakyat. Unsur mitologi biasanya berisi kisah-kisah tentang para dewa atau makhluk gaib yang menjadi bagian dari kepercayaan masyarakat.

4. Tidak Memiliki Tokoh Utama

Teks cerita rakyat selalu memiliki tokoh utama yang menjadi pusat cerita. Tokoh utama dalam cerita rakyat biasanya memiliki sifat dan karakteristik yang kuat dan menjadi contoh bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai masalah.

5. Tidak Memiliki Latar Tempat dan Waktu

Latar tempat dan waktu selalu menjadi bagian yang penting dalam teks cerita rakyat. Latar tempat dan waktu digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kisah yang diceritakan dalam cerita rakyat.

6. Tidak Mengandung Unsur Fantasi

Unsur fantasi adalah unsur yang selalu ada dalam teks cerita rakyat. Unsur fantasi biasanya berisi tentang kejadian-kejadian yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

7. Tidak Digunakan sebagai Sarana Hiburan

Teks cerita rakyat selalu digunakan sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan budaya kepada generasi muda. Oleh karena itu, teks cerita rakyat bukanlah sarana hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran.

8. Tidak Memiliki Struktur Cerita yang Jelas

Struktur cerita yang jelas selalu menjadi bagian yang penting dalam teks cerita rakyat. Struktur cerita yang jelas akan memudahkan pembaca atau pendengar dalam mengikuti kisah yang diceritakan dalam cerita rakyat.

Kesimpulan

Teks cerita rakyat adalah salah satu jenis teks yang sering dijumpai dalam sastra Indonesia. Teks cerita rakyat menceritakan kisah atau legenda yang berkembang di dalam masyarakat. Cerita rakyat biasanya berisi nilai-nilai moral dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak orang yang masih salah mengartikan ciri-ciri teks cerita rakyat. Ciri-ciri teks cerita rakyat adalah selalu menceritakan kisah dari masyarakat, mengandung nilai moral dan budaya, memiliki unsur mitologi, memiliki tokoh utama, memiliki latar tempat dan waktu, mengandung unsur fantasi, digunakan sebagai sarana pembelajaran, dan memiliki struktur cerita yang jelas.

Check Also

Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut

Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut

13 Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya (Lengkap) from 3zebras.com Introduction Jika Anda sering membaca cerita …