Baterai Android Di Charge Malah Berkurang: Inilah 10 Tips Mengatasi Masalah Ini

Pengantar

Siapa yang tidak pernah mengalami masalah baterai android yang malah berkurang saat di-charge? Masalah ini memang sangat menjengkelkan, terutama jika kita sedang dalam keadaan darurat dan butuh baterai yang penuh. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini kami akan memberikan 10 tips untuk mengatasi masalah baterai android yang malah berkurang saat di-charge.

1. Gunakan Charger yang Sesuai

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menggunakan charger yang sesuai dengan ponsel android kita. Karena setiap ponsel memiliki spesifikasi dan daya yang berbeda, maka charger yang digunakan juga harus disesuaikan agar tidak menyebabkan kerusakan pada baterai. Jadi, pastikan charger yang digunakan memiliki daya yang sesuai dengan ponsel android kita.

2. Hindari Menggunakan Power Bank Murah

Jika kita sering menggunakan power bank untuk mengisi baterai android kita, maka pastikan power bank yang digunakan berkualitas dan tidak murahan. Karena power bank murah seringkali tidak memiliki proteksi yang memadai sehingga dapat merusak baterai android kita.

3. Matikan Ponsel Saat di-charge

Saat kita mengisi baterai android, sebaiknya matikan ponsel terlebih dahulu agar proses pengisian baterai berjalan lebih efektif dan tidak terjadi konsumsi daya yang berlebihan. Jadi, setelah terhubung dengan charger, matikan ponsel dan biarkan sampai baterai terisi penuh.

4. Hindari Penggunaan Selama di-charge

Jangan menggunakan ponsel android kita saat di-charge karena hal ini dapat membuat baterai android kita cepat habis dan malah membuat proses pengisian baterai menjadi tidak efektif.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali kita menginstal banyak aplikasi di ponsel android kita yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini dapat membuat baterai android berjalan dengan lebih berat dan cepat habis. Jadi, hapus aplikasi yang tidak digunakan agar baterai android kita lebih awet.

6. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat membuat baterai android cepat habis. Jadi, kurangi kecerahan layar dengan cara masuk ke pengaturan layar dan sesuaikan dengan kondisi sekitar kita.

7. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi dapat membuat baterai android cepat habis. Jadi, nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan agar baterai android kita lebih awet.

8. Gunakan Mode Hemat Daya

Mengaktifkan mode hemat daya dapat membantu kita menghemat penggunaan baterai android. Mode hemat daya biasanya akan membatasi fitur-fitur yang tidak diperlukan dan memperpanjang masa pakai baterai android kita.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Terdapat banyak aplikasi penghemat baterai yang tersedia di playstore. Aplikasi ini dapat membantu kita menghemat penggunaan baterai android dan membuat baterai android kita lebih awet.

10. Ganti Baterai yang Sudah Tua

Jika kita sudah menggunakan ponsel android dalam waktu yang cukup lama, maka kemungkinan besar baterai android kita sudah mulai melemah dan tidak tahan lama. Jadi, sebaiknya ganti baterai yang sudah tua agar ponsel android kita dapat berfungsi dengan optimal.

Kesimpulan

Nah, itu dia 10 tips untuk mengatasi masalah baterai android yang malah berkurang saat di-charge. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan kita dapat menghemat penggunaan baterai android dan membuat baterai android kita lebih awet. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kita mengatasi masalah baterai android yang seringkali menyebalkan.

Check Also

OPPO F1s – A Comprehensive Guide to the Latest OTA Update

OPPO F1s – A Comprehensive Guide to the Latest OTA Update

Prepare to delve into the enthralling world of smartphone software updates as we embark on …